Cara Belajar Bermain Drum untuk Pemula Secara Otodidak


Cara Belajar Bermain Drum untuk Pemula Secara Otodidak - Haii sobat kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Cara Belajar Bermain Drum untuk Pemula Secara Otodidak, Mungkin dari sobat semua yang menyukai musik menginginkan untuk memainkan alat musik seperti gitar atau drum. Memang kedua alat musik ini sangat disukai oleh banyak orang, tidak halnya seperti gitar yang banyak sekali tutorial cara cepat bermain gitar, cara cepat belajar gitar dengan sendiri atau secara otodidak. Nah, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang bangaimana cara belajar drum secara otodidak.

Dalam bermain drum memang tidak seperti gitar yang hanya mengandalkan tangan saja, tetapi dalam drum kedua kaki dan kedua tangah harus bekerja semuannya agar permainan drum sobat terdengar indah. Tentu untuk pemula, harus belajar ketukan terlebih dahulu yang tidak terlalu cepat, dan latihanlah dengan lagu yang bertempo pelan terlebih dahulu jangan langsung latihan dengan lagu-lagu Avengand Sevenfold yang bertempo cepat.

Bagian-Bagian Drum dan Fungsinya Beserta Gambar dengan Lengkap
Sebenarnya ada banyak cara untuk belajar drum secara otodidak dengan memanfaatkan media internet seperti sekarang ini, seperti melihat video pelajaran drum di intenet dan membeli buku panduan drum.

Nah, bagaimana jika sobat tidak memiliki drum? memang jika tidak memiliki drum akan sangat sulit untuk belajar. Mungkin banyak di bertebaran di internet cara belajar drum tanpa memiliki drum, akan tetapi menurut saya itu sangat sulit karena akan lebih mudah belajar dengan drum asli. Sobat bisa membeli yang baru, mungkin jika terlalu mahal, bisa membeli set drum bekas atau second yang hargannya miring tetapi kualitasnya masih bagus, atau pergilah ke studio untuk merentalnya.

Berikut saya paparkan tentang cara belajar bermain drum secara otodidak.

Cara #1 Duduklah Dengan Tegak



Hal pertama yang paling penting saat bermain drum adalah cara duduk dikursi drum ini, perlu diingat saat akan memainkan drum posisi duduk tidak boleh membungkuk dan harus tegak, tidak boleh juga terlalu tegak kebelakang.

Baca ini : Cara Membuat Band yang Bagus

Nah, jika sobat yang sering duduk membungkuk maka jika akan bermain drum biasakanlah duduk yang tegak. Kenapa seperti itu? duduk tegak ini akan sangat berguna untuk bermain drum itu sendiri karena jika posisi duduk tegak maka tenaga tangan anda akan semakin memiliki power serta dengan posisi tegak maka tangan anda akan menjangkau seluruh bagian drum yang terlalu jauh sekalipun.

Cara #2 Ibu Jari Harus Jadi Tumpuan Stick

Memegang Stick drum juga harus diperhatikan, disini saya menyarankan agar memegang stick drum itu posisi ibu jari harus berada ditengah stick drum. Ini bertujuan agar mendapatkan tingkat suara dalam bermain drum itu sendiri. Disini saya akan menjelaskan tetang dua macam teknik memegang stick drum.

Cara #3 Menginjak Pedal Drum Harus Dengan Baik

Suara pedal drum memang sangat berpengaruh dalam bermudik, suara bassnya drum ini memang sering kali diikuti dengan suara gitar bass. Akan tetapi ada dua teknik untuk menginjak pedal drum ini, seperti dibawah ini.

Teknik #1 Half Kick

Teknik ini menggunakan setengah kaki dan kaki seperti berjinjit sehingga jika sobat menekan pedal itu lutut sobat akan terlihat naik turun. Teknik ini banyak digunakan drummer yang suka tempo cepat karena suara yang dihasilkan akan membuat permainan drum terlihat konsisten.

Baca ini : Cara Membuat Nama Band yang Keren serta Unik dan Bermakna

Teknik #2 Full Kick

Jika teknik Full Kick yaitu teknik yang menggunakan seluruh telapak kaki, jadi telapak kaki sobat menempel semua ke pijakan pedal drum. teknik ini akan membuat suara pedal drum terdengar smooth. teknik ini sering dimainkan oleh drummer Avenged Sevenfold yakni almarhum The Rev, Drummer terbaik ini memang sering menggunakan teknik ini maka dari itu suara pedal drumnya smooth.

Nah, saya rasa seperti itulah cara belajar bermain drum untuk pemula secara otodidak. Terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar untuk "Cara Belajar Bermain Drum untuk Pemula Secara Otodidak"