Ciri Khas Musik Avenged Sevenfold

Sebuah band pasti memiliki ciri khas tersendiri untuk tetap disukai fans agar terus eksis di kancah musik. seperti hal nya band band yang lain Avenged Sevenfold juga memiliki ciri khas musik yang sering mereka mainkan.

Siapa yang tidak mengenal band yang bergenre heavymetal, hardrock, dan metalcore ini, avenged sevenfold atau yang sering di sebut A7X adalah sebuah band yang terbentuk tahun 1999 di California Amerika Serikat.

Ciri Khas Musik Avenged Sevenfold

Band yang ditinggal drummer nya pada tahun 2009 ini sudah merilis 6 album, dari ke 6 album tersebut Avenged Sevenfold tidak sungkan mengubah gaya musik yang mereka mainkan.

Gaya musik yang dimainkan Avenged Sevenfold antara lain metalcore yang sangat dominan pada album Sounding The Seventh Trumpet (2001) dan Waking The Fallen (2003)

Hingga mereka memberi kejutan pada album City Of Evil (2005) dengan memainkan genre lebih classic metal yang menampilkan vokal melodis dan power ballad.

Pada album ke 6 setelah ditinggal The Rev Avenged Sevenfold terus bereksplorasi pada jenis musik yang mereka inginkan. ini terbukti pada album Hail To The King (2013) yang mengusung genre rock classic.

kembali ke topik pembahasan tentang ciri khas musik avenged sevenfold dari satu persatu personil.

1. Vokalis
M. Shadows sang vokalis sering menampilkan suara yang agresif. vokalis kelahiran 31 Juli 1981 ini memiliki suara yang sangat luar biasa dengan ciri khas suara lantang dan tebal.

M. Shadows memiliki pelatih vokal yaitu Ron Anderson yang membantu M. Shadows berlatih vokal dan berteriak yang baik tanpa melukai pita suaranya.

2. Rhythm Guitar
Zacky Vengeance adalah personil yang dulunya memainkan Lead Guitar sebelum masuknya Synyster Gates.

Tetapi dengan berubahnya posisi ini tidak semata mata Zacky meninggalkan melody melody nya, karena Zacky sering menduetkan permainan gitarnya dengan Synyster Gates yang memainkan melody dengan beat yang berkali kali lipat, ini terbukti pada lagu Bat Country

Gitaris kidal yang selalu berpenampilan rapi ini sangat baik dengan memainkan tugasnya sebagai Rhythm Guitar.

3. Lead Guitar
Brian Elwin Hanes jr. atau yang sering di sebut Synyster Gates ini pernah memainkan lagu Stairway To The Heaven (Led Zeppelin) pada umur 11 tahun tanpa mempelajari sebelumnya.

Melody melody yang dimainkan Syn sangat Khas yaitu dengan memasukan nuansa Sweep Picking (Arpeggio) di hampir semua lagunya, Keindahan Sweep Picking yang dipadukan dengan Kromatik, slide, dan teknik-teknik lainya, bisa sobat dengar pada lagu The Wicked End.

Selain itu Syn tidak sungkan memainkan seperti nuansa di Hawai dengan akustik yang disisipkan pada lagu Sidewinder.

Syn juga sering memainkan terus menerus melody meskipun sang vokalis sedang bernyanyi dan menimbulkan kolaborasi khas yang terdengar pada banyak lagu terutama pada lagu Hail To The King.

4. Bass
Johnny Christ bergabung pada avenged sevenfold pada tahun 2003 dengan menggantikan Matt Wendt (1999-2000), Justin Sane (2000-2002), dan Dameon Ash (2002-2003)

Johnny Christ sangatlah penting dalam musik Avenged Sevenfold kontribusinya sama dengan personil yang lain karena salah satu ciri khas musik avenged sevenfold berada pada diri Johnny Christ.

Johnny Christ memainkan bass dengan statis itu suatu ciri khas musik avenged sevenfold meskipun lagu yang dimainkan cepat ataupun lambat permainan bass Johnny Christ sangat penting untuk memberi warna musik Avenged Sevenfold. Tidak seperti band Japanese Rock yang memainkan bass sangat dominan.

5. Drum

  • The Rev

ciri khas avenged sevenfold
The Rev

Pria yang meninggal pada tahun 2009 ini sangat berpengaruh pada band ini, dia salah satu orang yang membuat Avenged Sevenfold.

Drummer ini sangat luar biasa dalam memainkan drum doble pedalnya, selain piawai dalam memainkan doble pedal dengan kecepatan tinggi The Rev sangat pintar dalam mengkombinasi pukulan pukulan dalam lagu Avenged Sevenfold.

Yang sangat menonjol dari The Rev yaitu pukulan yang diciptakanya sendiri yaitu Doble Ride yang tersisip dalam lagu Almost Easy.


  • Mike Portnoy
ciri khas avenged sevenfold
Mike Portnoy

Drummer senior ini merupakan idola dari The Rev yang sangat mempengaruhi permainan drumnya, meskipun bukan personil resmi dari Avenged Sevenfold Mike sangat membantu untuk mengisi kekosongan dan membantu menyelesaikan album Nightmare yang sempat terhenti karena sang drummer The Rev meninggal.

Mantan drummer Dream Theater ini sangan baik dalam doble pedal dan pukulan pukulan rumitnya yang bisa sobat dengar di album Nightmare.

Memang pada album Nightmare permainan drumnya sangat dominan itu merupakan ciri khas dari Mike Portnoy. sebagai contoh lagu terberat dalam album Nightmare adalah lagu "Save Me" yang berdurasi sekitar 10 menit ini memainkan doble pedal secara terus menerus dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Kelebihan Mike sangat baik dalam kombinasi pukulan dengan doble pedal di selingi dengan pukulan simbal kecil yang membuat lagu menjadi tidak bosan dan enak di dengar.

  • Arin Ilejay
ciri khas avenged sevenfold
Arin Ilejay

Banyak fans yang meragukan kemampuan Arin sebagai drummer avenged sevenfold karena melihat gaya bermain drum di Hail To The King biasa saja dan kehilangan gaya yang dulunya di bawakan The rev.

Tetapi menurut saya itu tidak benar, Arin Ilejay adalah drummer hebat karena bisa menirukan gaya pukulan drum The Rev dengan baik. bisa di lihat dari konser konser yang membawakan lagu lama.

Soal cara bermain drum di album Hail To The King yang menurut fans cara bermain Arin biasa biasa saja itu karena menyesuaikan dengan genre yang di usung avenged sevenfold yang memainkan genre classic rock, ini sangat logis karena jika lagu slow memainkan doble pedal akan terdengar aneh.

Setelah 4 tahun bersama Avenged Sevenfold akhirnya Arin Ilejay memutuskan untukkeluar dari band pada tahun 2015.

  • Brooks Wackerman
ciri khas avenged sevenfold
Brooks Wackerman

Brooks adalah mantan drummer yang berganre Punk yaitu Bad Religion, Brooks sebenarnya sudah terpikir oleh M. Shadows sebagai pengganti The Rev tetapi pada saat itu Brooks sedang sibuk dengan band nya yaitu Bad Religion.

Saya belum pernah melihat bagaimana cara bermain drum brooks di avenged sevenfold, saya hanya mengenal dia sebagai drummer band punk.

Demikianlah tentang ulasan ciri khas bermain musik avenged sevenfold dari masing masing personilnya.

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis komentar dibawah ini.


10 komentar untuk "Ciri Khas Musik Avenged Sevenfold"

  1. Ane punya koleksi lagunya masbro, emang mantap A7F

    BalasHapus
  2. wah a7x ane suka tuh lagunya lebih suka lagu yg judulnya seize day klo engga salah mantab

    BalasHapus
  3. Banyak teman saya yang suka band ini gan

    BalasHapus
  4. woww.lagu nya keren keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan semua lagu nya keren keren

      Hapus
  5. saya suka pusing kalo denger lagu metal!

    BalasHapus

Posting Komentar